BHINNEKA.COM
14.12.01361), 14.12.01702)
Sistem Informasi STMIK
AMIKOM Purwokerto1),2)
Email : ilham.arjun@gmail.com1), siregarkhab@gmail.com2)
Abstrak
Saat ini internet sudah menjadi bagian hidup
manusia yang sulit untuk dipisahkan. Begitu banyak kegiatan yang dapat
dilakukan melalui internet, salah satunya adalah berbelanja. Berbelanja
online menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang memiliki kesibukan yang
cukup padat, karena belanja online bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja,
cukup dengan memilih barang kemudian melakukan pembayaran maka barang yang
sudah di pesan akan di antar kerumah. Banyak sekali toko-toko online yang ada di Indonesia
namun tidak semuanya memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi konsumen
dalam melakukan transaksi. Salah satu toko online yang memberikan keamanan dan
kenyamanan transaksi adalah Bhinneka.com. Bhinneka.com merupakan situs e-commerce pelopor online
store yang sampai saat ini terus berkembang dan bertumbuh menjadi situs
e-Commerce terbesar di Indonesia. Disebut pelopor, yaitu situs yang tayang sebelum
abad 21, sekitar tahun 1996-1999. Bhinneka.com memang
bertujuan untuk menjadi
pilihan Online Shopping bagi masyarakat
Indonesia. Seperti dituliskan oleh pendiri Bhinneka.com, Hendrik Tio pada
profil di web-nya. Hasil
penelitian ini ditujukan untuk memberikan gambaran kemudahan dalam melakukan
pembelian online pada Bhinneka.com.
Currently the Internet has become part of
human life that are difficult to separate. So many activities that can be done
via the Internet, one is shopping. Shopping online is the right choice for
those who have busy pretty solid, because online shopping can be done anywhere
and at any time, simply by selecting items and then make a payment, the goods
are already in the message will be escorted home. There are so many online
stores that exist in Indonesia but not all provide security and convenience for
consumers in the transaction. One of the online stores that provide safety and
comfort of transactions is Bhinneka.com. Bhinneka.com an e-commerce pioneer
online store which to date continues to expand and grow into the largest
e-Commerce in Indonesia. Called a pioneer, is a website that aired prior to the
21st century, circa 1996-1999. Bhinneka.com is aiming to be the choice of
Online Shopping for the Indonesian people. As written by the founder
Bhinneka.com, Hendrik Tio on his profile on the web. The results of this study
aimed to provide an ease in making purchases online at Bhinneka.com.
Kata Kunci : e-commerce, internet, bhinneka.com
Pendahuluan
Perkembangan jaman yang begitu
pesat, menjadikan web pada saat ini
tidak lagi hanya untuk sarana berbagi informasi atau menyalurkan hobi menulis
semata. Tetapi web di masa sekarang ini banyak dimanfaatkan
sebagai sarana untuk memasarkan sebuah produk atau sering disebut juga dengan online
shop. Pada online shop memuat banyak informasi
mengenai produk yang dipasarkan, seperti gambar produk yang ditawarkan, harga,
spesifikasi, diskon yang ditawarkan. Konsumen hanya perlu memilih barang yang
diinginkan kemudian melakukan pembayaran sesuai dengan prosedur-prosedur yang
telah ditentukan oleh toko online tersebut. Namun tidak semua toko-toko online
memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi
pembayaran. Tidak sedikit konsumen yang telah mengalami penipuan begitu mereka
membayar namun barang yang mereka beli tidak dikirim oleh pihak penjual. Salah
satu cara yang dilakukan oleh Bhinneka.com adalah dengan verifikasi pembayaran,
estimasi pengiriman dan status pengiriman termasuk data lengkap penelusuran
pengiriman.
Tinjauan Pustaka
1.
Definisi Toko Online
Toko online atau dalam bahasa inggris e-commerce ialah suatu proses yang
dilakukan konsumen dalam membeli dan menjual berbagai produk secara elektronik
dari perusahaan ke perusahaan lain dengan menggunakan komputer sebagai
perantara transaksi bisnis yang dilakukan.[1] Jadi, dapat dipahami bahwa e-commerce
itu mengacu pada jaringan internet untuk melakukan belanja online dan
jangkauannya lebih sempit, serta cara transaksinya melalui transfer uang secara
digital. Atau dapat diartikan toko online sebagai tempat terjadinya aktifitas perdagangan
atau jual beli barang yang terhubung ke dalam suatu jaringan dalam hal ini
jaringan internet. Aktifitas ini biasa juga disebut Belanja Online.
2.
Definisi Belanja Online
Belanja online adalah kegiatan pembelian barang dan jasa
melalui media Internet. Melalui belanja lewat Internet seorang pembeli bisa melihat
terlebih dahulu barang dan jasa yang hendak ia belanjakan melalui web
yang dipromosikan oleh penjual.
Kegiatan
belanja online ini
merupakan bentuk komunikasi baru yang
tidak memerlukan komunikasi tatap muka secara langsung, melainkan dapat
dilakukan secara terpisah melalui media notebook, komputer, ataupun handphone yang tersambung dengan layanan
akses Internet.
Belanja
online adalah salah satu bentuk perdagangan
elektronik yang digunakan untuk kegiatan transaksi
penjual ke penjual ataupun penjual ke konsumen.
3. Perkembangan belanja online di Indonesia
Belanja online di Indonesia semakin hari semakin menunjukkan perkembangan yang signifikan. Belanja online, tidak hanya dimonopoli oleh belanja barang, namun juga layanan jasa seperti perbankan yang memperkenalkan teknik e-banking. Melalui teknik e-bankin pelanggan dapat melakukan kegiatan seperti transfer uang, membayar tagihan listrik, air, telepon, Internet, pembelian pulsa, pembayaran uang kuliah dan lain sebagainya.
Belanja online di Indonesia untuk pembelian suatu barang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Mulai dari situs yang menjual handphone, gitar, butik, toko buku, makanan, bahkan hingga ke alat elektronik pun mulai dirambah oleh layanan belanja online.
4. Penyedia Layanan Belanja Online
a.
Blog
Salah
satu media yang menampilkan belanja online antar lain adalah blog.
Blog merupakan layanan web gratis di mana palaku usaha online menggunakan blog
sebagai toko online yang ia punya untuk menjual
sekaligus mempromosikan barang dan jasa yang ia tawarkan kepada calon konsumen.
Karena sifatnya yang mudah di kustomisasi oleh penggunanya, maka belanja online
melalui media blog cukup riskan karena pembeli cukup sulit mengetahui reputasi
dari penjual. Biasanya penjual mengunggah bukti bukti transfer yang ia miliki
sebagai bentuk jaminan kepada pelanggan bahwa ia merupakan penjual tepercaya.
b.
Situs web
Ada
banyak situs web yang menyediakan layanan belanja online baik web lokal maupun
web internasional. Biasanya terdapat keranjang
belanja, di mana calon pembeli dapat memilih produk yang akan dibeli. Selain
dengan keranjang belanja, pembeli juga dapat langsung menghubungi penjual agar
transaksi langsung dapat dilakukan melalui telepon atau email. Ada banyak hal
yang dapat dilakukan di layanan belanja online melalui web, diantaranya yang
terkenal adalah lelang. Lelang merupakan kegiatan belanja online di mana
pembeli menetapkan batas bawah suatu harga yang hendak dilelang, kemudian sang
pembeli yang tertarik dapat menawar (biasa disebut bidding) sesuai
kelipatan yang diajukan. Lelang biasanya dibatasi
pada periode tertentu sehingga pembeli dengan nominal tertinggi dinyatakan berhak membeli
barang yang ia inginkan sesuai dengan harga yang ia ajukan.
c. Situs Jejaring Sosial
Seiring dengan maraknya pertumbuhan situs jejaring sosial di dunia, media social networking ini juga dilirik oleh pelaku belanja online untuk memasarkan produknya. Penjual akan mengunggah barang yang ia tawarkan kemudian disebarkan melalui messaging atau fitur photo sharing. Bentuk penawaran ini merupakan perkembangan dari media katalog yang tadinya disebarkan dalam bentuk media cetak per bulan, kini disebarkan melalui media katalog online yang penawarannya dapat diupdate kapan saja.
Metode
Penelitian
Review dan analisa pada toko online bhinneka.com yang kami kerjakan
meliputi :
1.
Analisa berdasarkan Halaman awal web bhinneka.com.
Halaman awal dibuat sangat menarik karena saat awal membuka situs bhinneka.com
pengunjung akan langsung disajikan dengan berbagai barang-barang yang dijual
serta pengunjung juga dapat melihat barang yang diinginkan melalui kategori
barang yang dicari. Terdapat banyak kategori yang disediakan pada bhinneka.com
yaitu Tablets & Gadgets, Desktops & Notebooks, Aksesoris Komputer, Alat
Tulis & Peralatan Kantor, Server, Network & Power System, Foto &
Videografi, Alat Musik & Pro Audio, Sport & Fitness, Software &
Solutions, Peralatan & Perbaikan Rumah, Makanan & Kebutuhan Rumah,
Kecantikan & Kesehatan, Baju Sepatu & Aksesoris, Mainan & Perawatan
Bayi, Travel & Outdoor, dan Otomotif.
2.
Analisa
berdasarkan desain dan menu pada web. Desain web pada bhinneka.com dibuat
dengan menarik dan simple, sehingga akan mudah dipahami dan mudah diakses oleh
pengunjungnya. Selain menu kategori seperti yang telah disebutkan diatas. Situs
bhinneka.com juga memberikan tampilan-tampilan menarik lainnya. Seperti, pembeli
dapat dengan mudah mencari barang yang merekan inginkan dengan cara menuliskan
barang yang mereka cari di kotak pencarian yang terdapat dibagian atas situs.
Bhinneka.com
juga menyajikan barang-barang populer yang saat ini sedang banyak diminati oleh
pengunjung bhinneka. Barang-barang disinilah yang dianggap populer dan
penjualannya paling banyak.
Terdapat juga menu Register, Login dan Help. Register berfungsi untuk membuat akun baru bagi pelanggan
yang ingin membeli barang-barang yang terdapat pada bhinneka.com. Tetapi
apabila pelanggan telah memiliki akun yang telah dibuat sebelumnya, pelanggan
hanya perlu melakukan Login untuk
memasuki bhinneka.com.
Selain
itu, terdapat juga tampilan penawaran produk-produk terbaru bhinneka.com yang
terdapat pada halaman awal. Terdapat beberapa penawaran menarik yang disediakan
bagi pengunjung.
Dengan
men-scrool kebawah pengunjung juga dapat langsung menemukan barang-barang yang
baru saja diposting atau dijual oleh penjual. Disertakan juga harga bahkan
diskon terkini dari barang-barang yang dijual. Setiap barang yang disajikan
telah sesuai dengan kategori sehingga pengunjung tidak akan bingung untuk
mencari barang-barang sesuai kebutuhannya. Kategori barang-barang dan tampilannya
akan otomatis berubah pada saat kita menscroll kebawah.
Dibagian
awal situs juga terdapat slide penawaran-penawaran terbaru dari produk-produk
bhinneka.com. Disediakan juga tab
barang-barang terpopuler yang paling oleh pelanggan bhinneka.com. Terdapat juga
“Drop-up” rekomendasi barang yang mungkin dibutuhkan bagi pelanggan yang akan
membeli.
Bahkan
bhinneka.com menyediakan fitur “Chat with Us” yang berfungsi untuk melakukan chatting bersama Customer Service bhinneka.com
secara langsung apabila ingin menanyakan suatu barang. Dengan menekan tab “Chat
with Us” yang terdapat di pojok kanan situs.
Maka
akan muncul tab baru yang menunjukan bahwa Customer
Service dalam keadaan online dan siap melakukan chatting.
Di dalam tab tersebut terdapat juga nomor call center dari bhinneka.com yang dapat
dihubungi dengan cara mengirim pesan atau sms ke nomor tersebut. Bahkan juga
terdapat fitur Yahoo Messenger, namun tidak semua Customer Service tersebut
yang online.
Kemudian akan muncul tab baru setelah menekan button “Chat With Us” yang terdapat pada
tab sebelumnya.
Dalam tab tersebut pelanggan di haruskan untuk
mengisikan nama lengkap, nomor telepon, alamat email, dan memilih akan
melakukan chat dengan Customer Service atau dengan Penjual.
Didalam register
diperintahkan untuk mengisi email, nama awal, nama akhir, tanggal lahir,
password,confirm password dan lainnya.
Sign in dapat dilakukan dengan 2 cara. Yang pertama dapat
langsung login dengan akun yang telah dibuat sebelumnya. Atau dengan mensync dengan Facebook, Twitter atau
Google+.
Didalam help
terdapat banyak pilihan banyak
pilihan bantuan yang ditawarkan. Terdapat pula “search” agar mempermudah dalam
mencari keluhan dari pelanggan.
Bhinneka.com menyediakan tempat pelayanan
pengaduan apabila terjadi kesalahan ketidaknyamanan dalam pengaksesan situs
maupun kendala-kendala lain seperti, kesulitan transaksi dan sebagainya.
Bhinneka.com juga menyediakan fasilitas
“Newsletter” yang berfungsi untuk memberikan berita terkini tentang promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Selain itu juga menyediakan layanan “Kotak Saran”
yang digunakan untuk pemberian saran maupun kritik oleh pelanggan yang bersifat
membangun demi kemajuan situs Bhinneka.com itu sendiri.
3.
Analisa berdasarkan
kemudahan transaksi dalam Bhinneka.com. Sebelum melakukan transaksi pelanggan
diberikan spesifikasi dan gambar-gambar dari barang yang akan dibelinya. Hal
ini bisa menjadi pertimbangan pelanggan sebelum melakukan proses pembelian. Kemudahan
transaksi pada bhinneka.com lainnya yaitu menyediakan beberapa harga barang
yang sama pada toko online yang berbeda.
Bhinneka.com
juga memberikan bonus-bonus pada pembelian barang tertentu dan garansi
distributor bagi barang yang memiliki garansi.
Apabila
pelanggan telah menemukan barang dengan spesifikasi yang telah sesuai
keinginannya, untuk tahap pembelian bhinneka.com menyediakan beberapa jasa
pengiriman seperti JNE, TIKI, Jasa Pengitiman Tunai di Tempat dan Free
Shipping. Pelanggan hanya perlu melakukan login dan memilih jasa pengiriman
yang telah disediakan. Setelah itu pelanggan melakukan pengisian data diri
untuk memverifikasi data-data asli sebagau pembeli.
Metode pembayaran bhinneka.com bisa dengan
internet banking, kartu debit/ kredit, atm otomatis, transfer bank, uang elektronik, dan
loket pembayaran.
Pembayaran dapat
dilakukan dalam kurun waktu 1x24 jam, lebih dari itu maka transaksi akan
dibatakan secara otomatis. Bhinneka.com
juga memberikan jaminan asuransi yaitu Semua pengiriman
luar kota dengan kurir JNE, TIKI, atau NCS telah dilengkapi dengan asuransi
untuk proteksi kerusakan dan kehilangan selama perjalanan.
Hasil
dan Pembahasan
Bhinneka.com merupakan toko online
yang menyediakan berbagai macam produk, mulai dari elektronik, pakaian,
perlengkapan rumah tangga, kebutuhan anak-anak, sampai otomotif. Pembeli bisa
dengan bebas memilih berbagai macam barang yang telah disediakan berdasarkan
kategori barang. Pembeli juga dapat melihat spesifikasi barang yang akan dibeli
tanpa harus repot-repot mencarinya terlebih dahulu karena spesifikasi barang
yang telah dipilih telah dicantumkan. Tampilan dari bhinneka.com sangat mudah
untuk dipahami oleh pengunjung mulai dari melihat barang, mencari barang,
sampai melakuakn proses pembelian barang. Tampilan situs sangat tidak
membosankan karena terdapat slide gambar penawaran yang dalam kurun waktu
tertentu akan berganti secara teratur. Dan juga apabila pengunjung menscroll
kebawah pada situs tampilan akan otomatis berubah sesuuai dengan kategori yang
telah ditetapkan.
Pelayanan yang disediakan oleh
bhinneka.com cukup lengkap dan sangat memanjakan pengunjungnya. Dimulai dari
kemudahan bertransaksi, jaminan keamanan, sampai garansi untuk setiap barang
yang dibeli. Untuk proses pembayaran konsumen sangat dimudahkan dengan adanya
berbagai metode pembayaran yang ditawarkan seperti menggunakan internet banking, kartu debit/ kredit, atm otomatis, transfer bank, uang elektronik, dan
loket pembayaran.
Metode jasa pengiriman yang
ditawarkan juga beragam seperti JNE,
TIKI, Jasa Pengitiman Tunai di Tempat dan Free Shipping.
Pelanggan yang mempunyai
keluhan, masukan atau ingin bertanya mengenai barang-barang maupun cara kerja
situs, bhinneka.com telah menyediakan layanan pengaduan apabila terjadi
kesalahan ketidaknyamanan dalam pengaksesan situs maupun kendala-kendala lain
seperti, kesulitan transaksi dan sebagainya dapat dengan menghubungi layanan
call center yang telah tertera dibagian bawah situs pada hari dan jam tertentu.
Kesimpulan dan Saran
Dari review dan analisis yang
telah dilakukan diatas, dapat disimpulkan bahwa :
1.
Bhinneka.com merupakan situs e-commerce pelopor online store yang sampai
saat ini terus berkembang dan bertumbuh menjadi situs e-Commerce terbesar
di Indonesia.
2.
Tampilan web
yang disajikan oleh bhinneka.com cukup baik dan mudah dipahami serta tidak
membosankan karena banyak layanan dan fitur-fitur menarik yang diberikan.
3.
Pembayaran
bhinneka.com memudahkan pelanggan karena menyediakan banyak pilihan metode
pembayaran.
4.
Bhinneka.com
juga memberikan jaminan asuransi yaitu semua pengiriman
luar kota dengan kurir JNE, TIKI, atau NCS telah dilengkapi dengan asuransi
untuk proteksi kerusakan dan kehilangan selama perjalanan.
Saran untuk peneliti yang ingin menganalisis bhinneka.com selanjutnya untuk dapat
meneliti masing-masing fitur pada bhinneka.com lebih lengkap dan jelas lagi.
Selain, itu diharapkan agar mengembangkan penelitian objek-objek lain yang
tersedia.
[1].
Loudon, “E-Commerce, 1988.
[2].
Saputra, Sigit Bahtiar Aji “Review dan Analisis Toko Online blibli.com”, 2013.
[3].
Bhinneka.com
Biodata
Penulis
|