Jumat, 10 Juni 2016

Review Bhinneka.com



BHINNEKA.COM
Ilham Arjun Banomo1), Akhmad Khabrun Siregar2)
14.12.01361), 14.12.01702)
Sistem Informasi STMIK AMIKOM Purwokerto1),2)
Email : ilham.arjun@gmail.com1), siregarkhab@gmail.com2)

Abstrak

Saat ini internet sudah menjadi bagian hidup manusia yang sulit untuk dipisahkan. Begitu banyak kegiatan yang dapat dilakukan melalui internet, salah satunya adalah berbelanja.  Berbelanja online menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang memiliki kesibukan yang cukup padat, karena belanja online bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, cukup dengan memilih barang kemudian melakukan pembayaran maka barang yang sudah di pesan akan di antar kerumah. Banyak sekali toko-toko online yang ada di Indonesia namun tidak semuanya memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi konsumen dalam melakukan transaksi. Salah satu toko online yang memberikan keamanan dan kenyamanan transaksi adalah Bhinneka.com. Bhinneka.com merupakan situs e-commerce pelopor online store yang sampai saat ini terus berkembang dan bertumbuh menjadi situs e-Commerce terbesar di Indonesia. Disebut pelopor, yaitu situs yang tayang sebelum abad 21, sekitar tahun 1996-1999. Bhinneka.com memang bertujuan untuk menjadi pilihan Online Shopping bagi masyarakat Indonesia. Seperti dituliskan oleh pendiri Bhinneka.com, Hendrik Tio pada profil di web-nya. Hasil penelitian ini ditujukan untuk memberikan gambaran kemudahan dalam melakukan pembelian online pada Bhinneka.com.


Currently the Internet has become part of human life that are difficult to separate. So many activities that can be done via the Internet, one is shopping. Shopping online is the right choice for those who have busy pretty solid, because online shopping can be done anywhere and at any time, simply by selecting items and then make a payment, the goods are already in the message will be escorted home. There are so many online stores that exist in Indonesia but not all provide security and convenience for consumers in the transaction. One of the online stores that provide safety and comfort of transactions is Bhinneka.com. Bhinneka.com an e-commerce pioneer online store which to date continues to expand and grow into the largest e-Commerce in Indonesia. Called a pioneer, is a website that aired prior to the 21st century, circa 1996-1999. Bhinneka.com is aiming to be the choice of Online Shopping for the Indonesian people. As written by the founder Bhinneka.com, Hendrik Tio on his profile on the web. The results of this study aimed to provide an ease in making purchases online at Bhinneka.com.

Kata Kunci : e-commerce, internet, bhinneka.com


Pendahuluan
Perkembangan jaman yang begitu pesat, menjadikan web pada saat ini tidak lagi hanya untuk sarana berbagi informasi atau menyalurkan hobi menulis semata. Tetapi web di masa sekarang ini banyak dimanfaatkan sebagai sarana untuk memasarkan sebuah produk atau sering disebut juga dengan online shop. Pada online shop memuat banyak informasi mengenai produk yang dipasarkan, seperti gambar produk yang ditawarkan, harga, spesifikasi, diskon yang ditawarkan. Konsumen hanya perlu memilih barang yang diinginkan kemudian melakukan pembayaran sesuai dengan prosedur-prosedur yang telah ditentukan oleh toko online tersebut. Namun tidak semua toko-toko online memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi pembayaran. Tidak sedikit konsumen yang telah mengalami penipuan begitu mereka membayar namun barang yang mereka beli tidak dikirim oleh pihak penjual. Salah satu cara yang dilakukan oleh Bhinneka.com adalah dengan verifikasi pembayaran, estimasi pengiriman dan status pengiriman termasuk data lengkap penelusuran pengiriman.
Tinjauan Pustaka
1.       Definisi Toko Online
Toko online atau dalam bahasa inggris e-commerce ialah suatu proses yang dilakukan konsumen dalam membeli dan menjual berbagai produk secara elektronik  dari perusahaan ke perusahaan lain dengan menggunakan komputer sebagai perantara transaksi bisnis yang dilakukan.[1] Jadi, dapat dipahami bahwa e-commerce itu mengacu pada jaringan internet untuk melakukan belanja online dan jangkauannya lebih sempit, serta cara transaksinya melalui transfer uang secara digital. Atau dapat diartikan toko online sebagai tempat terjadinya aktifitas perdagangan atau jual beli barang yang terhubung ke dalam suatu jaringan dalam hal ini jaringan internet. Aktifitas ini biasa juga disebut Belanja Online.
2.       Definisi Belanja Online
Belanja online adalah kegiatan pembelian barang dan jasa melalui media Internet. Melalui belanja lewat Internet seorang pembeli bisa melihat terlebih dahulu barang dan jasa yang hendak ia belanjakan melalui web yang dipromosikan oleh penjual.
Kegiatan belanja online ini merupakan bentuk komunikasi baru yang tidak memerlukan komunikasi tatap muka secara langsung, melainkan dapat dilakukan secara terpisah melalui media notebook, komputer, ataupun handphone yang tersambung dengan layanan akses Internet.
Belanja online adalah salah satu bentuk perdagangan elektronik yang digunakan untuk kegiatan transaksi penjual ke penjual ataupun penjual ke konsumen.

3.       Perkembangan belanja online di Indonesia

Belanja online di Indonesia semakin hari semakin menunjukkan perkembangan yang signifikan. Belanja online, tidak hanya dimonopoli oleh belanja barang, namun juga layanan jasa seperti perbankan yang memperkenalkan teknik e-banking. Melalui teknik e-bankin pelanggan dapat melakukan kegiatan seperti transfer uang, membayar tagihan listrik, air, telepon, Internet, pembelian pulsa, pembayaran uang kuliah dan lain sebagainya.

Belanja online di Indonesia untuk pembelian suatu barang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Mulai dari situs yang menjual handphone, gitar, butik, toko buku, makanan, bahkan hingga ke alat elektronik pun mulai dirambah oleh layanan belanja online.

4.       Penyedia Layanan Belanja Online
a.       Blog
Salah satu media yang menampilkan belanja online antar lain adalah blog. Blog merupakan layanan web gratis di mana palaku usaha online menggunakan blog sebagai toko online yang ia punya untuk menjual sekaligus mempromosikan barang dan jasa yang ia tawarkan kepada calon konsumen. Karena sifatnya yang mudah di kustomisasi oleh penggunanya, maka belanja online melalui media blog cukup riskan karena pembeli cukup sulit mengetahui reputasi dari penjual. Biasanya penjual mengunggah bukti bukti transfer yang ia miliki sebagai bentuk jaminan kepada pelanggan bahwa ia merupakan penjual tepercaya.
b.       Situs web
Ada banyak situs web yang menyediakan layanan belanja online baik web lokal maupun web internasional. Biasanya terdapat keranjang belanja, di mana calon pembeli dapat memilih produk yang akan dibeli. Selain dengan keranjang belanja, pembeli juga dapat langsung menghubungi penjual agar transaksi langsung dapat dilakukan melalui telepon atau email. Ada banyak hal yang dapat dilakukan di layanan belanja online melalui web, diantaranya yang terkenal adalah lelang. Lelang merupakan kegiatan belanja online di mana pembeli menetapkan batas bawah suatu harga yang hendak dilelang, kemudian sang pembeli yang tertarik dapat menawar (biasa disebut bidding) sesuai kelipatan yang diajukan. Lelang biasanya dibatasi pada periode tertentu sehingga pembeli dengan nominal tertinggi dinyatakan berhak membeli barang yang ia inginkan sesuai dengan harga yang ia ajukan.

c.        Situs Jejaring Sosial

Seiring dengan maraknya pertumbuhan situs jejaring sosial di dunia, media social networking ini juga dilirik oleh pelaku belanja online untuk memasarkan produknya. Penjual akan mengunggah barang yang ia tawarkan kemudian disebarkan melalui messaging atau fitur photo sharing. Bentuk penawaran ini merupakan perkembangan dari media katalog yang tadinya disebarkan dalam bentuk media cetak per bulan, kini disebarkan melalui media katalog online yang penawarannya dapat diupdate kapan saja.

Metode Penelitian
Review dan analisa pada toko online bhinneka.com yang kami kerjakan meliputi :
1.       Analisa berdasarkan Halaman awal web bhinneka.com. Halaman awal dibuat sangat menarik karena saat awal membuka situs bhinneka.com pengunjung akan langsung disajikan dengan berbagai barang-barang yang dijual serta pengunjung juga dapat melihat barang yang diinginkan melalui kategori barang yang dicari. Terdapat banyak kategori yang disediakan pada bhinneka.com yaitu Tablets & Gadgets, Desktops & Notebooks, Aksesoris Komputer, Alat Tulis & Peralatan Kantor, Server, Network & Power System, Foto & Videografi, Alat Musik & Pro Audio, Sport & Fitness, Software & Solutions, Peralatan & Perbaikan Rumah, Makanan & Kebutuhan Rumah, Kecantikan & Kesehatan, Baju Sepatu & Aksesoris, Mainan & Perawatan Bayi, Travel & Outdoor, dan Otomotif.

2.       Analisa berdasarkan desain dan menu pada web. Desain web pada bhinneka.com dibuat dengan menarik dan simple, sehingga akan mudah dipahami dan mudah diakses oleh pengunjungnya. Selain menu kategori seperti yang telah disebutkan diatas. Situs bhinneka.com juga memberikan tampilan-tampilan menarik lainnya. Seperti, pembeli dapat dengan mudah mencari barang yang merekan inginkan dengan cara menuliskan barang yang mereka cari di kotak pencarian yang terdapat dibagian atas situs.

Bhinneka.com juga menyajikan barang-barang populer yang saat ini sedang banyak diminati oleh pengunjung bhinneka. Barang-barang disinilah yang dianggap populer dan penjualannya paling banyak.

Terdapat juga menu Register, Login dan Help. Register berfungsi untuk membuat akun baru bagi pelanggan yang ingin membeli barang-barang yang terdapat pada bhinneka.com. Tetapi apabila pelanggan telah memiliki akun yang telah dibuat sebelumnya, pelanggan hanya perlu melakukan Login untuk memasuki bhinneka.com.
Selain itu, terdapat juga tampilan penawaran produk-produk terbaru bhinneka.com yang terdapat pada halaman awal. Terdapat beberapa penawaran menarik yang disediakan bagi pengunjung.

Dengan men-scrool kebawah pengunjung juga dapat langsung menemukan barang-barang yang baru saja diposting atau dijual oleh penjual. Disertakan juga harga bahkan diskon terkini dari barang-barang yang dijual. Setiap barang yang disajikan telah sesuai dengan kategori sehingga pengunjung tidak akan bingung untuk mencari barang-barang sesuai kebutuhannya. Kategori barang-barang dan tampilannya akan otomatis berubah pada saat kita menscroll kebawah.


Dibagian awal situs juga terdapat slide penawaran-penawaran terbaru dari produk-produk bhinneka.com. Disediakan juga  tab barang-barang terpopuler yang paling oleh pelanggan bhinneka.com. Terdapat juga “Drop-up” rekomendasi barang yang mungkin dibutuhkan bagi pelanggan yang akan membeli.

Bahkan bhinneka.com menyediakan fitur “Chat with Us” yang berfungsi untuk melakukan chatting bersama Customer Service bhinneka.com secara langsung apabila ingin menanyakan suatu barang. Dengan menekan tab “Chat with Us” yang terdapat di pojok kanan situs.
Maka akan muncul tab baru yang menunjukan bahwa Customer Service dalam keadaan online dan siap melakukan chatting.

Di dalam tab tersebut terdapat juga nomor call center dari bhinneka.com yang dapat dihubungi dengan cara mengirim pesan atau sms ke nomor tersebut. Bahkan juga terdapat fitur Yahoo Messenger, namun tidak semua Customer Service tersebut yang online.
Kemudian akan muncul tab baru setelah menekan button “Chat With Us” yang terdapat pada tab sebelumnya.

Dalam tab tersebut pelanggan di haruskan untuk mengisikan nama lengkap, nomor telepon, alamat email, dan memilih akan melakukan chat dengan Customer Service atau dengan Penjual.

Didalam register diperintahkan untuk mengisi email, nama awal, nama akhir, tanggal lahir, password,confirm password dan lainnya.

Sign in dapat dilakukan dengan 2 cara. Yang pertama dapat langsung login dengan akun yang telah dibuat sebelumnya. Atau dengan mensync dengan Facebook, Twitter atau Google+.

Didalam help terdapat banyak pilihan  banyak pilihan bantuan yang ditawarkan. Terdapat pula “search” agar mempermudah dalam mencari keluhan dari pelanggan.           
Bhinneka.com menyediakan tempat pelayanan pengaduan apabila terjadi kesalahan ketidaknyamanan dalam pengaksesan situs maupun kendala-kendala lain seperti, kesulitan transaksi dan sebagainya.
Bhinneka.com juga menyediakan fasilitas “Newsletter” yang berfungsi untuk memberikan berita terkini tentang promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Selain itu juga menyediakan layanan “Kotak Saran” yang digunakan untuk pemberian saran maupun kritik oleh pelanggan yang bersifat membangun demi kemajuan situs Bhinneka.com itu sendiri.

3.       Analisa berdasarkan kemudahan transaksi dalam Bhinneka.com. Sebelum melakukan transaksi pelanggan diberikan spesifikasi dan gambar-gambar dari barang yang akan dibelinya. Hal ini bisa menjadi pertimbangan pelanggan sebelum melakukan proses pembelian. Kemudahan transaksi pada bhinneka.com lainnya yaitu menyediakan beberapa harga barang yang sama pada toko online yang berbeda.  
Bhinneka.com juga memberikan bonus-bonus pada pembelian barang tertentu dan garansi distributor bagi barang yang memiliki garansi.
Apabila pelanggan telah menemukan barang dengan spesifikasi yang telah sesuai keinginannya, untuk tahap pembelian bhinneka.com menyediakan beberapa jasa pengiriman seperti JNE, TIKI, Jasa Pengitiman Tunai di Tempat dan Free Shipping. Pelanggan hanya perlu melakukan login dan memilih jasa pengiriman yang telah disediakan. Setelah itu pelanggan melakukan pengisian data diri untuk memverifikasi data-data asli sebagau pembeli.

Metode pembayaran bhinneka.com bisa dengan internet banking, kartu debit/ kredit, atm otomatis, transfer bank, uang elektronik, dan loket pembayaran.

Pembayaran dapat dilakukan dalam kurun waktu 1x24 jam, lebih dari itu maka transaksi akan dibatakan secara otomatis. Bhinneka.com juga memberikan jaminan asuransi yaitu Semua pengiriman luar kota dengan kurir JNE, TIKI, atau NCS telah dilengkapi dengan asuransi untuk proteksi kerusakan dan kehilangan selama perjalanan.

Hasil dan Pembahasan
Bhinneka.com merupakan toko online yang menyediakan berbagai macam produk, mulai dari elektronik, pakaian, perlengkapan rumah tangga, kebutuhan anak-anak, sampai otomotif. Pembeli bisa dengan bebas memilih berbagai macam barang yang telah disediakan berdasarkan kategori barang. Pembeli juga dapat melihat spesifikasi barang yang akan dibeli tanpa harus repot-repot mencarinya terlebih dahulu karena spesifikasi barang yang telah dipilih telah dicantumkan. Tampilan dari bhinneka.com sangat mudah untuk dipahami oleh pengunjung mulai dari melihat barang, mencari barang, sampai melakuakn proses pembelian barang. Tampilan situs sangat tidak membosankan karena terdapat slide gambar penawaran yang dalam kurun waktu tertentu akan berganti secara teratur. Dan juga apabila pengunjung menscroll kebawah pada situs tampilan akan otomatis berubah sesuuai dengan kategori yang telah ditetapkan.
Pelayanan yang disediakan oleh bhinneka.com cukup lengkap dan sangat memanjakan pengunjungnya. Dimulai dari kemudahan bertransaksi, jaminan keamanan, sampai garansi untuk setiap barang yang dibeli. Untuk proses pembayaran konsumen sangat dimudahkan dengan adanya berbagai metode pembayaran yang ditawarkan seperti menggunakan internet banking, kartu debit/ kredit, atm otomatis, transfer bank, uang elektronik, dan loket pembayaran.
Metode jasa pengiriman yang ditawarkan juga beragam seperti  JNE, TIKI, Jasa Pengitiman Tunai di Tempat dan Free Shipping.
Pelanggan yang mempunyai keluhan, masukan atau ingin bertanya mengenai barang-barang maupun cara kerja situs, bhinneka.com telah menyediakan layanan pengaduan apabila terjadi kesalahan ketidaknyamanan dalam pengaksesan situs maupun kendala-kendala lain seperti, kesulitan transaksi dan sebagainya dapat dengan menghubungi layanan call center yang telah tertera dibagian bawah situs pada hari dan jam tertentu.
Kesimpulan dan Saran
Dari review dan analisis yang telah dilakukan diatas, dapat disimpulkan bahwa :
1.       Bhinneka.com merupakan situs e-commerce pelopor online store yang sampai saat ini terus berkembang dan bertumbuh menjadi situs e-Commerce terbesar di Indonesia.
2.       Tampilan web yang disajikan oleh bhinneka.com cukup baik dan mudah dipahami serta tidak membosankan karena banyak layanan dan fitur-fitur menarik yang diberikan.
3.       Pembayaran bhinneka.com memudahkan pelanggan karena menyediakan banyak pilihan metode pembayaran.
4.       Bhinneka.com juga memberikan jaminan asuransi yaitu semua pengiriman luar kota dengan kurir JNE, TIKI, atau NCS telah dilengkapi dengan asuransi untuk proteksi kerusakan dan kehilangan selama perjalanan.
Saran untuk peneliti yang ingin menganalisis bhinneka.com selanjutnya untuk dapat meneliti masing-masing fitur pada bhinneka.com lebih lengkap dan jelas lagi. Selain, itu diharapkan agar mengembangkan penelitian objek-objek lain yang tersedia.
[1].    Loudon, “E-Commerce, 1988.
[2].    Saputra, Sigit Bahtiar Aji “Review dan Analisis Toko Online blibli.com”, 2013.
[3].    Bhinneka.com

Biodata Penulis

 
Ilham Arjun Banomo, merupakan mahasiswa, Program Studi Sistem Informasi STMIK AMIKOM Purwokerto, angkatan tahun 2014. Lahir di Banyumas, 5 September 1995.



Akhmad Khabrun Siregar, merupakan mahasiswa, Program Studi Sistem Informasi STMIK AMIKOM Purwokerto, angkatan tahun 2014. Lahir di Kebumen, 3 Januari 1996.



                  
www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net